Akuisisi dan Retensi Kepesertaan BPU: Mempertahankan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Authors

  • Denny Jeremia Siregar BPJS Ketenagakerjaan

DOI:

https://doi.org/10.61626/jamsostek.v2i2.20

Keywords:

Akuisisi, BPJS Ketenagakerjaan, Kepesertaan BPU, Pekerja Informal, Retensi

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis kendala dan tantangan dari implementasi strategi akuisisi dan retensi kepesertaan Program Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK. Capaian kepesertaan selama tahun 2020-2022 menunjukkan hasil yang belum signifikan dibandingkan dengan potensi besar yang dimiliki, sehingga hal ini perlu menjadi perhatian BPJAMSOSTEK untuk menghadapi tantangan tersebut. Mayoritas peserta BPU merupakan pekerja informal yang rentan terhadap ketidakstabilan ekonomi sehingga program jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek) sangat dibutuhkan sebagai jaring pengaman sosial. Penelitian ini juga mengangkat faktor perilaku konsumen dan penerapan strategi dari berbagai asuransi komersil sebagai aspek penting yang layak dipertimbangkan untuk pengembangan strategi akuisisi dan retensi kepesertaan BPU BPJAMSOSTEK. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengumpulkan literatur yang relevan dengan topik penelitian. Selanjutnya, pendekatan analisis kebijakan "What's the Problem Represented to be?" (WPR) yang dikembangkan oleh Carol Bacchi digunakan untuk menganalisis konstruksi sosial dari masalah kebijakan dan implikasinya. Penelitian ini tidak hanya menunjukkan sejauh mana hasil dari implementasi strategi yang diambil, namun juga aspek-aspek yang menjadi tantangan bagi BPJAMSOSTEK berkaitan dengan strategi tersebut, seperti persepsi masyarakat terhadap program BPU BPJAMSOSTEK, ketidakmampuan pembayaran iuran, porsi pemaparan informasi perlindungan jaminan sosial keseluruhan, dan aspek hukum; tetapi juga, menunjukkan aspek yang lain seperti kesiapan Inpres No 2 Tahun 2021, keberadaan Agen Perisai, dan orientasi promosi program BPU. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna dalam meningkatkan akuisisi dan retensi kepesertaan BPU serta memperkuat perlindungan sosial bagi pekerja informal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aljabar, Muhammad Wahid Malik, dan Sawarni Hasibuan. 2021. “Performance evaluation of after-sales service partners in the power tools industry.” Jurnal Sitem dan Manajemen Industri 5 (2): 105 - 114.

Alkahfi, Muhammad Anre. 2021. “Pengaruh Strategi Pemasaran Asuransi Mikro Terhadap Kesejahteraan UMKM di Indonesia.” VISA: Journal of Visions and Ideas 1 (3): 261-273.

Arian, Andi Muhammad. 2013. “Analisis Cutomer Relationship Management (CRM) Sebagai Strategi Pemasaran Pada Klikdokter.” Karya Ilmiah Universitas Paramadina.

Axa Mandiri. 2022. “Asuransi Jiwa Perlindungan Diri dan Keluarga.” AXA Mandiri. Diakses June 13, 2023. https://axa-mandiri.co.id/asuransi-jiwa.

Bacchi, Carol. 2009. Analysing policy: what’s the problem represented to be? Pearson Education, French Forest.

Behrent, C, Q A Nguyen, dan U Rani. 2019. “Social protection systems and the future of work: Ensuring social security for digital platform workers’.” International Social Security Review 72 (3): 17-41.

Borchardt, Miriam, Marcelo Souza, Giancarlo M. Pereira, dan Claudia V. Viegas. 2018. “Achieving better revenue and customers’ satisfaction with after-sales services: How do the best branded car dealerships get it?” International Journal of Quality & Reliability Management.

BPJS Ketenagakerjaan. 2021. “Laporan Pengelolaan Program Tahun 2020.” Jakarta, 31 Mei. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kinerja-badan.html.

—. 2022. “Laporan Pengelolaan Program Tahun 2021.” Jakarta, 26 April. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kinerja-badan.html.

—. 2023. “Laporan Pengelolaan Program Tahun 2022.” Jakarta, 12 Mei. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kinerja-badan.html.

—. 2021. “Laporan Tahunan 2020.” Jakarta.

—. 2022. “Laporan Tahunan 2021.” Jakarta.

—. 2020. “Laporan Terintegrasi 2019.”

—. 2022. “Rencana Strategis 2022-2026.”

Darmawan, Didit, Samsul Arifin, dan Fajar Purwanto. 2020. “Studi Tentang Persepsi Nilai, Kepuasan, dan Retensi Pelanggan Kapal Penyebrangan Ujung - Kamal.” Jurnal Baruna Horison (Jurnal Baruna Horison) 198-209.

De Stefano, V. 2019. “The Rise of the “Just-in-Time Workforce”: On-Demand Work, Crowd Work and Labour Protection in the “Gig-Economy".” SSRN Electronic Journal.

Endartiwi, S S. 2018. “Persepsi Masyarakat untuk Mendaftarrkan Menjadi Peserta Mandiri Jaminan Kesehatan Nasional.” Journal of Health Studies 2 (2): 81-92.

Friedman, G. 2014. “Workers without employers: shadow corporations and the rise of the gig economy.” Review of Keynesian Economics 2 (2): 171-188.

Gerpott, T. J., W. Rams, dan A. Schinder. 2001. “Customer Relation, Loyaltyu, and Satisfaction in the German Cellular Telecommunications Market.” Telecommunication Policy 249-269.

Hayuantias, Priska. 2018. “Analisis Personal Selling dan Keputusan Pembelian Program BPU (Bukan Penerima Upah) pada BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Cilandak.” Jakarta: Politeknik Negeri APP Jakarta, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

IFG Life. 2022. “Asuransi Syariah: Pengertian, Dasar Hukum, Jenis Perjanjian, dan Produk - Asuransi Jiwa dan Kesehatan Terpercaya di Indonesia.” IFG Life. 3 July. Diakses June 13, 2023. https://ifg-life.id/2022/07/03/asuransi-syariah-pengertian-dasar-hukum-jenis-perjanjian-dan-produk/.

Jeng, D. J. F, dan T Bailey. 2012. “Assessing customer retention strategies in mobile telecommunications; Hybird MCDM approach.” Management Decision Original.

Keller, Kevin Lane, dan Philip Kotler. 2012. Marketing Management. Prentice Hall.

Kurniawati, W, dan R D Rachmayanti. 2018. “Identifikasi Penyebab Rendahnya Kepsertaan JKN pada Pekerja Sektor Informal di Kawasan Pedesaan.” Jurnal Aadministrasi Kesehatan Indonesia 6 (1): 33.

Lasmi, Aida. 2022. “Strategi Pemasaran Produk Asuransi Investasi di Indonesia: Kajian Simulasi Premi Produk Asuransi Investasi Axa Mandiri.” Disunting oleh Nuri Aslami. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5 (2).

Munich Re Foundation. 2007. “Microinsurance Conference 2007 Making insurance work for the poor.” India.

OttoPoint. 30 July. ottopoint.id/id/article/akuisisi-vs-retensi-pada-bisnis-mana-lebih-baik.

Pambudi, Luhur Sanitya. 2019. “Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah di Wilayah Kota Semarang Ditinjau Dari Permenaker Nomor 1 Tahun 2016,.” 205-229. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/islrev/article/view/38439/15845.

Perwira, Daniel, Alex Arifianto, Asep Suryahadi, dan Sudarno Sumarto. 2003. “Perlindungan Tenaga Kerja Melalui Sistem Jaminan Sosial: Pengalaman Indonesia.”

Prudential Syariah. 2020. “Memahami Produk Unit Link Syariah.” Prudential Syariah. Diakses June 13, 2023. https://www.prudentialsyariah.co.id/id/pulse/article/memahami-produk-unit-link-syariah/.

Putri, Indry Anggraini. 2021. “Strategi Pemasaran Agen PT Prudential Dalam Mmpertahankan Loyalitas Nasabah Prulink Syariah.” Disunting oleh Nuri Islami. VISA: Journal of Visions and Ideas 1 (2).

Radianti, Ami. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Memilih Produk Asuransi Syariah.” Disunting oleh Nuri Aslami. Jurnal Pendidikan dan Agama Islam 21 (2).

Retnaningsih, Hartini. 2016. “Strategi Sistem Jaminan Sosial Nasional Bidang Ketenagakerjaan dalam Upaya Pelindungan Pekerja di Kota Surabaya dan Kota Pekanbaru.” 157-172.

Silaban, Rekson. 2017. “Perluasan Kepesertaan BPU BPJS Ketenagakerjaan Melalui Strategi Marketing Mix dan Regulasi.” Jurnal Institut BPJS Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/assets/uploads/tiny_mce/Jurnal/Jurnal%20Institut%20BPJS%20Ketenagakerjaan%20Volume-1.pdf.

Siregar, Denny Jeremia. 2020. “Are Indonesian Social Security Providers Ready to Respond to New Forms of Employment in Online Platform Jobs?” Yogyakarta.

Soemitra, Andri. 2015. Asuransi Syariah. Wal Ashri Publishing.

Sridevi, H. 2017. “Persepsi Pekerja Mandiri Sektor Informal Terhadap Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Lubuk Pakam.”

Thornquist, A. 2019. “Truck Drivers in the Grey Area between Employment and Self- employment: Swedish Experiences.” Nordic Journal of Working Life Studies 9.

Tobing, Gindo L. 2015. “Korelasi Antara Ketersediaan Lapangan Kerja, Sistem Pengupahan dan Pekerjaan Sektor Informal.” Jurnal Hukum 1 (2).

Wahyudi, Sutoyo, Fikri Rizaldi, Daffa Iklil Dzakwan, dan Fandy Akbar. 2022. “Penerapan Customer Acquisition Dalam Pertumbuhan Bisnis Pada Dapoer Super Sambal Padang.” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 8 No. 2 109-115.

Widjaja, A. 2008. Dasar dasar Customer Relaionsip. Jakarta: Management Harvindo.

Williams, C, dan F Lapeyre. 2017. “Dependent Self-Employment: Trends, Challenges and Policy Responses in the EU.” SSRN Electronic Journal.

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Siregar, D. J. (2024). Akuisisi dan Retensi Kepesertaan BPU: Mempertahankan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Jurnal Jamsostek, 2(2), 163–184. https://doi.org/10.61626/jamsostek.v2i2.20

Issue

Section

Articles